Jumat, 30 Januari 2009

Manajeman Kantor

1. Manajemen Kantor adalah seluruh kegiatan penataan yang berhubungan dengan pelaksanaan tatausaha sebuah organisasi agar proses tersebut mampu menyediakan informasi yang bermakna bagi proses pembuatan keputusan. Hal yang menjadi alasan dari definisi tersebut karena kami melihat bahwa kegiatan yang dilakukan di kantor adalah mengumpulkan informasi yang pada akhirnya digunakan oleh manajer kantor untuk mengambil keputusan yang sesuai dengan tujuan perusahaan yang telah ditentukan.
2. Kantor : tempat orang-orang melakukan kegiatan/aktivitas yang berhubungan dengan pelayanan berbagai keterangan pada yang membutuhkannya.
Tata usaha : suatu kegiatan pengumpulan data dan informasi dan dilakukan pencatatan secara sistematis dalam suatu organisasi untuk menghasilkan kumpulan keterangan yang dibutuhkan.
Sekretariat : satuan organisasi yang melakukan rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan perkantoran dan bantuan lainnya, yang dilaksanakan sebagai kegiatan penunjang supaya tujuan oraganiasai dicapai dengan lebih lancar.

3. Pada suatu organisasi/perusahaan mulai dari level atas (top) sampai level bawah (lower) sudah pasti ada kantor dan kegiatan-kegiatan kantor. Selanjutnya di antara satuan-satuan organisasi (unit-unit yang ada) pasti terjadi hubungan kantor. Dengan kata lain hubungan kantor dipakai oleh setiap unit orgaisasi dalam berkomunikasi antar mereka baik komunikasi up ward (dari atas kebawah), down ward (dari bawah ke atas) maupun diagonal (komunikasi silang). Hubungan kantor disini adalah kontak antara segenap satuan (unit-unit) organisasi satu sama lain yang tidak menyangkut perintah dan tanggung jawab, melainkan penyampaian keterangan (informasi) dalam rangka memberikan pelayanan kepada pelaksana pekerjaan operatif. Hubungan ini pada umumnya berujud dalam bentuk surat, formulir, salinan, kutipan, tembusan atau sesuatu macam wakat lainnya. Hubungan kantor ini terjadi baik pada organisasi pemerintah, swasta, perorangan ataupun organisasi kemasyarakatan.
4. Administrative Manajer
5. Pekerjaan Rutin :
- Membuka surat
- Menerima dikte
- Menerima tamu
- Menerima telephone
- Menyimpan arsip/surat
- Menyusun dan membuat jadwal kegiatan pimpinan
Pekerjaan Non Rutin
- Mengonsep surat perjanjian kerjasama dengan relasi atau instansi luar
- Menyusun surat rahasia (confidential)
- Menyusun acara pertemuan bisnis
- Pembelian kado atau cindera mata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar